Kalimat ini sering digunakan oleh orang-orang untuk menyatakan bahwa mereka sudah hafal / menguasai sesuatu hal / materi. Contoh jika seorang siswa bertanya kepada temannya "Gimana, sudah siap buat ujian besok ..?" & dijawab "Kalau untuk mata pelajaran itu, gw ud di luar kepala" yang berarti dia sudah menguasai / seolah-olah menguasai mata pelajaran yang akan diujiankan.

Saya merasa sepertinya ungkapan "di luar kepala" tidak cocok untuk mengartikan bahwa kita menguasai suatu materi. Jika kita mengerti / menguasai suatu materi, berarti materi tersebut ada terekam di otak kita, dan otak kita itu adanya di dalam kepala bukan di luar kepala, seharusnya yang kita katakan "sudah di dalam kepala" atau "sudah di dalam otak", sedangkan kalau kita bilang "di luar kepala" berarti tidak ada sedikitpun yang nyangkut di kepala alias lupa semua, karena melayang-layang di udara.. hehe.,. :D
Di antara bintang-bintang ku ingin berjalan, di antara planet dan bulan yang mengelilinginya ku ingin memijakkan kaki. Mengapa saat ini aku harus berada di antara Mars dan Venus .,? Mengapa aku bukanlah menjadi yang terjauh dari matahari atau biarkanlah aku menjadi bagian dari galaksi lain.

Aku selalu bertanya apakah aku sendiri di alam semesta yang bisa berjalan, berbicara, bernafas .,? Sedangkan jika aku melayangkan mataku ke atas langit pada malam hari, begitu banyak bintang yang tersusun secara rapih dan tidak sedikit yang memancarkan keindahan melalui pola-pola yang mereka buat.

Mengapa aku ada di planet yang disebut bumi ini .,? Bagaimana jika ada kesempatan untuk tinggal di bulan .,? Atau suatu saat nanti akan adakah sarana transportasi sehingga ketika aku ingin ke Uranus atau Neptunus hanya duduk dengan tenang dan kemudian sampai di sana.

Tapi di balik semuanya itu memang harus ada rasa syukur untuk koordinat kita saat ini. Aku ingin menyapa bintang-bintang di langit, aku ingin memeluk cincin Saturnus, aku ingin bertanya perasaan Pluto ketika dia tidak dianggap planet lagi, dan ku ingin menyaingi kecepatan komet saat meluncur di tengah indahnya alam luar angkasa.


Bertanya kepada cermin yang ingin saya tuliskan bukanlah seperti cerita di dongeng tentang seorang ratu yang bertanya kepada cermin ajaibnya, "Siapakah wanita yang paling cantik di dunia ..?". Bukan, bukan itu, itu hanya ada di dalam dongeng, yang ingin saya share adalah bertanya kepada cermin sungguhan yang ada di rumah kita masing-masing.

Apa yang ingin ditanyakan ..?
Kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari, tapi bukan berarti kita tidak memiliki cita-cita ataupun harapan. Oke sekarang kalau kita sudah memiliki harapan, apakah lebih banyak orang yang mendukung harapan kita atau malah sebaliknya justru lebih banyak orang yang mengatakan bahwa kita hanyalah seorang yang bermimpi di siang bolong ,.?. Mungkin mereka berkata ., "Bagaimana bisa kamu sukses, kamu tidak memiliki kemampuan !!" ,. "Wah, harapanmu terlalu meng-khayal, yang pasti-pasti aja deh, yang sesuai sama kapasitas kamu"..

Hmm., ya hal inilah yang ingin saya ajak semua untuk tanya kepada cermin. Pertama masuklah ke dalam kamar kalian dan pastikan tidak ada orang lain lalu berdirilah di depan cermin. Kemudian mulailah bertanya .. "Siapa yang tidak percaya bahwa saya sanggup mewujudkan harapan dan cita-cita saya, angkat tangan !!!", tunggu beberapa menit.

Sekarang kita bisa tahu jawabannya kan, ternyata jika kita tidak angkat tangan, maka orang yang ada di dalam cermin pun tidak akan angkat tangan, artinya, yakinlah pada dirimu sendiri bahwa kita mampu menggapai itu semua, jangan terlalu mendengarkan ucapan-ucapan orang yang membuat kita putus asa, tapi dengarkan orang-orang yang selalu mendukung kita.. Dan jangan lupa, kita mempunyai Tuhan yang selalu mendukung niat baik kita, segeralah melakukan sesuatu yang berguna untuk dapat mencepatkan kita meraih mimpi-mimpi tersebut.

Teringat cerita dari seorang pembicara di ibadah Dewasa Muda yang menceritakan apa yang dia dengar dari sebuah seminar. Dalam seminar tersebut dia mendapatkan materi tentang hasil dari suatu penelitian yang memperlakukan dua orang dengan cara yang berbeda. Diceritakan bahwa dua orang ini di masukkan ke dalam dua ruang yang berbeda, misal kita sebut Mr.A ada di dalam ruang.I dan Mr.B ada di dalam ruang.II.

Pada ruang.I, Mr.A diberikan perlakuan / perkataan yang baik-baik, seperti dipuji, disanjung, diucapkan berkat, kata-kata sopan, dll. Sebaliknya di ruang.II, Mr.B diberikan perlakuan / perkataan yang sangat tidak baik, seperti dihujat, dicemooh, diucapkan kutuk, kata-kata yang kasar, dll. Saya lupa mereka diperlakukan seperti itu selama berapa lama, mungkin beberapa hari.

Pada akhir waktu penelitian, kedua orang itu dikeluarkan masing-masing dari ruangannya dan ternyata terdapat perbedaan pada dua orang tersebut. Setelah mereka keluar, Mr.A yang diperlakukan dengan baik-baik memiliki raut muka yang cerah / berseri serta memiliki aura yang baik dan tampak bersemangat sedangkan ketika Mr.B dikeluarkan dari ruang.II orang-orang di sekitarnya bisa merasakan aura yang tidak baik, dan Mr.B tampak tidak bersemangat juga raut mukanya tidak berseri seperti orang yang putus asa.

Saya harap masing-masing kita bisa menarik kesimpulan dari cerita di atas karena saya rasa bagus sekali inti dari pesan yang tersirat dari penelitian ini yaitu dalam kita menjalani hari-hari ini ada baiknya kita melakukan / memperkatakan yang baik-baik saja sehingga kita memiliki hidup yang bersemangat dan saat orang-orang berada di sekitar kita, mereka bisa merasakan adanya aura positif dari tubuh kita dan bisa merasa nyaman saat bersama kita, sedangkan jika kita melakukan / memperkatakan hal-hal yang tidak enak di dengar justru akan membuat hidup kita menjadi tidak bersemangat, dan orang-orang tidak akan merasa nyaman saat kita datang.

Ada juga teman saya yang bilang, "Kalau di dalam sebuah teko terisi air teh, maka ketika di tuang ke gelas yang keluar adalah air teh. Kalau terisi air putih maka yang akan tertuang ke gelaspun adalah air putih". Artinya apa yang keluar dari ucapan kita, itu berasal dari dalam hati kita, kalau yang kita ucapkan yang baik-baik saja berarti kita memiliki hati yang baik .. :)

Salam dari saya untuk Anda sekalian.
Penasaran dengan tokoh-tokoh Matematika yang bisa menemukan konstanta, teorema, rumus, dll, yang selama saya kuliah di jurusan Matematika selalu bertemu dengan mereka. Sebut saja nama-nama seperti Gauss, Euler, Newton, Leibniz, dan masih banyak lagi para matematikawan lainnya. Hal yang membuat saya heran ialah walau mereka hidup di zaman dahulu di mana tidak adanya teknologi seperti sekarang ini tetapi mereka mampu menemukan hal-hal tentang Matematika yang sampai saat ini masioh dipelajari di tingkat Universitas, bahkan kemajuan teknologi yang bisa kita nikmati saat ini tidak lepas dari peran Matematika yang adalah ilmu dasar.

Saya sungguh kagum dengan karya-karya mereka, mereka adalah idola saya, hehehe… Terkadang saya berpikir ingin kembali ke masa lalu untuk bertemu dengan mereka, melihat cara mempelajari Matematika, dan yang pasti menanyakan bagaimana mereka dapat menciptakan rumus-rumus Matematika, siapa tahu suatu saat nanti saya juga bisa seperti mereka, menciptakan sesuatu yang berguna di bidang Matematika. Temuan-temuan mereka bukan tidak hanya dapat digunakan di Matematika saja tetapi juga di bidang ilmu lainnya seperti: Fisika, Astronomi, Teknik, Statistik, Ekonomi, dsb…

Harapan saya juga semoga ahli-ahli Matematika bukan hanya berasal dari Luar Negeri saja tapi dari Indonesia juga, kita bisa merasa bangga karena sering mendengar banyak prestasi yang diperoleh siswa/i Indonesia dalam berbagai perlombaan / olimpiade Matematika di tingkat Internasional, mudah-mudahan hal ini bisa terus berkelanjutan, sehingga nanti semakin banyak jagoan-jagoan Matematika lahir dari Indonesia.
Saya tidak bermaksud menyinggung siapapun dalam tulisan ini, tapi memang kejadian yang saya alami sempat membuat saya tertawa dalam hati, hahaha… Suatu sore hari ketika mengendarai motor di jalan yang tidak terlalu ramai, bisa dibilang lancar, tiba-tiba mobil & motor di depan saya berhenti, saya pikir karena ada mobil lain yang ingin berbalik arah & mungkin hanya sebentar. Tapi setelah beberapa lama kok tidak bergerak-gerak semuanya, malah terdengar banyak suara ledakan, karena penasaran saya coba untuk melihat ke depan, ehh ternyata ada orang-orang yang memberhentikannya & yang saya lihat alasan mereka memberhentikan semua mobil & motor tersebut hanyalah agar petasan yang mereka nyalakan itu bisa meledak semua. 

Dalam hati saya bertanya mengapa mereka lebih mementingkan meledakkan petasan dibandingkan kemacetan yang mereka timbulkan karena memberhentikan kendaraan-kendaraan yang lain? Atau mereka sekedar ingin diperhatikan karena biaya yang dikeluarkan untuk membeli petasan-petasan tersebut cukup besar? Saya tidak tahu jawabannya, mungkin jika bertanya pada rumput yang bergoyang mereka tahu jawabnya, hahahaha…. Oiya kejadian ini tidak saya alami satu kali, tapi dua kali di tempat berbeda yang lokasinya tidak terlalu berjauhan. Berarti sudah dua kali kemacetan tidak dianggap penting dibandingkan dengan meledakkan semua petasan, kalau memang ada yang ketiga kalinya mungkin saya akan mendapatkan piring, hahaha…
Sebenarnya saya sudah sering melihat proses aritmatika yang menampilkan hasil yang menarik ini, yaitu adanya suatu keteraturan deret angka tapi baru saat ini saya ingin membuat codingannya, berikut program yang saya buat:


#include<stdio.h>

#include<stdlib.h>
#include<string.h>

int main(){
int i, n, j = 0;
const p = 8;
char c_num[20], c_ret[20];
double bil, ret;

printf("n = ");scanf("%i", &n);
printf("\n\n");
memset(c_num,0,sizeof(c_num));
memset(c_ret,0,sizeof(c_ret));
for(i = 1; i <= n; i++){
c_num[j] = i + '0';
bil = atof(c_num);
ret = bil * p + i;
sprintf(c_ret, "%.0f", ret);
printf("%10s x %i + %i = %s\n", c_num, p, i, c_ret);
j++;
}
}


Jika di run, maka hasil tampilan sebagai berikut:


Mari kita bersahabat dengan alam ..!! Ya, tidak bisa dipungkiri bahwa kita hidup harus tunduk pada hukum-hukum alam, contoh yang paling sederhana adalah adanya hukum gravitasi bumi di mana bumi akan menarik setiap benda yang ada di sekitarnya termasuk makhluk hidup, jadi jika kita sebagai manusia lompat dari gedung tinggi misal 10 lantai maka kita akan jatuh ke bawah, nah kadang orang-orang yang berpikiran pendek sangat "mengerti" hukum gravitasi ini untuk mencari jalan pintas. (hehe .. Don't try this, Oke), jadi kalau kita bersahabat dengan alam ini maka kita tidak akan pernah melakukannya.

Kalau musim panas banyak orang mengeluh "duh, panas banget nih hari y, kapan y hujan turun" sedangkan kalau musim hujan datang mengeluh juga "hujan terus ya, panas dikit kek".. Ya itulah sedikit cerita tentang panas dan hujan yang adalah juga kejadian alam. Seharusnya jika memang kita bersahabat dengan alam maka kita akan selalu bersyukur baik itu pada saat panas maupun pada saat hujan turun karena kita tidak bisa mengendalikannya terkecuali jika kita memiliki kuasa Elia yang bisa menahan hujan turun selama tiga tahun enam bulan.

Tidak sedikit bencana banjir terjadi bukan hanya murni karena bencana alam, melainkan juga akibat ulah manusia yang tidak bersahabat dengan alamnya, banyaknya penebangan hutan liar berakibat berkurangnya daerah resapan air, sehingga ketika hujan turun maka akan menimbulkan banjir dan juga tanah longsor. Ini merupakan sebagian cerita tentang kerugian yang ditimbulkan oleh pengeksploitasian alam (dalam hal ini hutan) oleh manusia.

Dalam postingan ini saya mengajak untuk setiap kita memiliki hati peduli akan alam ini, dan mari kita jaga kelestariannya dan berusaha untuk bersahabat dengan alam.

Lihat - lihat statistik blog ternyata banyak membuka postingan saya tentang Wakil Asia di Piala Dunia 2010. Saya rasa mereka ingin tahu tentang pembagian grup zona Asia untuk kualifikasi Piala Dunia 2014. Jadi tidak ada salahnya saya tampilkan juga negara - negara mana saja yang masih punya peluang untuk berangkat ke Brazil tahun 2014 nanti.

Grup A


Grup B

China


Korea Selatan

Yordania


Kuwait

Irak


Uni Emirat Arab

Singapura


Lebanon




Grup C


Grup D

Jepang


Australia

Uzbekistan


Arab Saudi

Suriah


Oman

Korea Utara


Thailand




Grup E



Iran



Qatar



Bahrain



Indonesia




Indonesia berada di Grup E bersama dengan Iran, Qatar, dan Bahrain. Saya baca artikel di koran tertulis harapan masih ada tapi jangan berlebihan, menurut saya jika Indonesia tetap menunjukkan permainan terbaiknya mereka bisa lolos ke putaran selanjutnya karena selain Iran dua negara lainnya yaitu Bahrain dan Qatar pernah dikalahkan oleh Indonesia. Dukungan supporter juga pasti akan lebih meriah lagi, apalagi jika pertandingan diadakan di Jakarta, pasti Gelora Bung Karno akan dipenuhi oleh para supporter Garuda. Tetap semangat Timnas Indonesia.


Menarik juga ada yang nanya untuk membuat program dengan tampilan hasil:

Saya coba menulis program menggunakan bahasa C, logikanya cukup simple, tentukan nilai awal di tengah - tengah, kemudian cek apakah array di sebelahnya ada nilai atau tidak, kalau tidak ada berarti ubah arah kemudian isi nilainya, kalau ada berarti arah tidak dirubah. Ini sourcenya (saya menggunakan CodeBlocks):

#include<stdio.h>
#include <windows.h>

void gotoxy (int x, int y)
{
COORD coord; // coordinates
coord.X = x; coord.Y = y; // X and Y coordinates
SetConsoleCursorPosition(
GetStdHandle(STD_OUTPUT_HANDLE), coord);
}

int main(){

int pos = 2, n, Xpos, Ypos, i, j, langkah;
int a[5][5];

for (i = 0; i < 5; i++){
for(j = 0; j < 5; j++){
a[i][j] = 0;
}
}

a[pos][pos] = 1;

printf("Masukkan Batas : "); scanf("%i", &n);
langkah = 1;
Xpos = pos;
Ypos = pos;
for (i = 2; i <= n; i++){
switch(langkah){
case 1:
Ypos = Ypos + 1;
a[Xpos][Ypos] = i;
if(a[Xpos + 1][Ypos] == 0)
langkah = 2;
break;
case 2:
Xpos = Xpos + 1;
a[Xpos][Ypos] = i;
if(a[Xpos][Ypos - 1] == 0)
langkah = 3;
break;
case 3:
Ypos = Ypos - 1;
a[Xpos][Ypos] = i;
if(a[Xpos - 1][Ypos] == 0)
langkah = 4;
break;

case 4:
Xpos = Xpos - 1;
a[Xpos][Ypos] = i;
if(a[Xpos][Ypos + 1] == 0)
langkah = 1;
break;

}
}

for (i = 0; i < 5; i++){
for(j = 0; j < 5; j++){
gotoxy((j+1) * 8 - 6, i + 3);
if(a[i][j] != 0)
printf("%i", a[i][j]);
}
}
printf("\n");
return 0;
}


Hasil tampilan:



Sudah beberapa hari ini banyak nongkrong di Programmer Forum Kaskus. Lumayan banyak ilmu yang bisa kita dapat gan, tapi karena saya lebih banyak menggunakan bahasa C jadi seringnya masuk ke thread - thread yang membahas bahasa C, jadi bisa tahu macam - macam codingan C walaupun tidak bisa banyak membantu agan - agan yang punya masalah rumit soalnya saya juga hanya tahu dasar - dasarnya saja, hehehe...

Selain bahasa C saat ini saya juga sedang mempelajari bahasa Java. Kalau ditanya kenapa bahasa Java yang dipelajari, karena bahasanya tidak jauh beda dengan C dan saya melihat saat ini banyak aplikasi yang dibuat menggunakan Java serta aplikasi Java bisa di jalankan bukan hanya di Windows saja tapi di Linux juga ya walaupun ada beberapa artikel yang mengatakan bahwa mereka lebih tertarik mempelajari .Net daripada Java.

Latar belakang saya dari Matematika jadi saya tidak terlalu banyak mengetahui ilmu - ilmu programming sehingga saat ini saya juga sedang belajar OOP (Object Oriented Programming),. Bicara tentang OOP terkadang saya membuat candaan dengan teman - teman "kenapa kalian mempelajari OOP karena yang saya lihat justru yang paling banyak dianut para programmer itu adalah MOP (Money Oriented Programming, hahahaha...". Ini hanya candaan tidak ada maksud menyinggung siapapun karena memang programmer itu dengan semua skillnya pasti memiliki tujuan untuk mendapatkan penghasilan.

"Uang bukan segalanya" ,. pernyataan ini benar karena memang justru yang bisa membuat saya bangga bukanlah uang yang saya peroleh dari hasil codingan tapi bahwa aplikasi yang saya buat dapat digunakan dan membantu orang lain dalam aktivitas mereka, tapi tetap kita butuh bayaran, (hehe balik lagi ke hal ini), karena banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang IT membayar rendah para programmernya, padahal mereka sudah membuat aplikasi itu sudah dengan segala logika dan pengalaman yang mereka punya.

Tetap semangat para programmer Indonesia, kerjakan yang terbaik yang kita bisa.




Ini program waktu saya belajar pointer di C:

#include<stdio.h>

int add(int x, int y){

x += 2;
y += 3;

return x + y;
}

int addpointer(int *x, int *y){

*x += 2;
*y += 3;

return *x + *y;
}

int main(){
int a, b;
int c, d;

a = 1; b = 2;
c = 1; d = 2;

printf("Sebelum panggil function add,
nilai a = %i, b = %i\n", a, b);
printf("add(a, b) = %i\n", add(a, b));
printf("Setelah panggil function add,
nilai a = %i, b = %i\n\n", a, b);

printf("Sebelum panggil function addpointer,
nilai c = %i, d = %i\n", c, d);
printf("addpointer(c, d) = %i\n", addpointer(&c, &d));
printf("Setelah panggil function addpointer,
nilai c = %i, d = %i\n", c, d);

return 0;
}


Hasil tampilan:

Sekarang saya mau share program untuk menghitung nilai penduga persamaan regresi menggunakan Java:

import javax.swing.*;
import javax.swing.table.DefaultTableModel;
import java.lang.Math;
import java.text.*;


public class Regresi extends JFrame
{
String[] judul ={"Nilai x", "Nilai y"};
DefaultTableModel def;
JTable tab = new JTable();
JScrollPane skrol = new JScrollPane();
JPanel panel = new JPanel();
JLabel lblPers = new JLabel("Persamaan Regresi : "),
lblPers2 = new JLabel();


public Regresi()
{
super("Regresi");
setKomponenGUI();
calcRegresi();
}

void setKomponenGUI(){
setSize(500,300);
lblPers.setBounds(300,20,150,50);
lblPers2.setBounds(300,40,150,50);
panel.setLayout (null);
def = new DefaultTableModel(null,judul);
tab.setModel(def);
skrol.getViewport().add(tab);
tab.setEnabled(true);
skrol.setBounds(20,40,250,200);
panel.add(skrol);
panel.add(lblPers);
panel.add(lblPers2);

getContentPane().add(panel);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setVisible(true);
}

void calcRegresi(){
double x[] = {1.2,0.8,1,1.3,0.7,0.8,1,0.6,0.9,1.1} ;
double y[] = {101,92,110,120,90,82,93,75,91,105} ;
int Ndata = 10, i;
double sumxsquare = 0;
double sumysquare = 0;
double sumxy = 0, sumx = 0, sumy = 0;
double xbar = 0, ybar = 0;
double beta = 0, alpha = 0;
double SSx = 0, SSxy = 0;
String char_x, char_y;
DecimalFormat fmtDec = new DecimalFormat("#0.00");

for(i = 0; i < Ndata; i++){
sumxsquare += Math.pow(x[i],2);
sumysquare += Math.pow(y[i],2);
sumxy += x[i] * y[i];
sumx += x[i];
sumy += y[i];
char_x = "" +x[i];
char_y = "" +y[i];
String[] data = {char_x, char_y};
def.addRow(data);
}

SSx = sumxsquare - Math.pow(sumx, 2)/ Ndata;
SSxy = sumxy - (sumx * sumy)/ Ndata;

xbar = sumx / Ndata;
ybar = sumy / Ndata;
beta = SSxy / SSx;
alpha = ybar - beta * xbar;
String str = "y = "+fmtDec.format(alpha)+
" + "+fmtDec.format(beta)+" x";
lblPers2.setText(str);

}

public static void main(String[] args) {
Regresi regresiku = new Regresi();
}
}


Hasil tampilan:


Saya ingin mem-posting contoh program perulangan (for ... next) untuk membuat segitiga angka dengan tampilan (misal n = 9):

1
212
32123
4321234
543212345
65432123456
7654321234567
876543212345678
98765432123456789
atau seperti ini:
1
123
12345
1234567
123456789

Soal seperti ini sering dikasih oleh dosen untuk mata kuliah dasar pemrograman, mudah-mudahan bisa membantu mahasiswa yang sudah pusing nyari-nyari kodingan tapi tidak ketemu-ketemu, hehe


#include<stdio.h>

main(){
int n = 9;
int i, j;
int m, k;

for(i = 1; i <= n; i++){
for(j = n; j >= 1; j--){
if(j <= i)
printf("%i", j);
else
printf(" ");
}
for(j = 2; j <= i; j++){
if(i >= j)
printf("%i", j);
}
printf("\n");
}

printf("\n");
m = (n / 2) + 1;
for (i = 1; i <= m; i++){
for(k = 1; k < (m+1)-i; k++)
printf(" ");

for(j = 1; j <= (2*i-1); j++)
printf("%i", j);

printf("\n");
}

}

Sore hari berniat ingin menulis sesuatu yang berhubungan dengan pemrograman, jadi coba menulis beberapa contoh program simpel tentang array menggunakan bahasa C.

#include<stdio.h>

void main(){
int nilai[5] = {4,5,6,9,1};
int n = 5, i;

for(i = 0; i < n; i++){
printf("nilai[%i] = %i\n", i, nilai[i]);
}
}

Program di atas nilai - nilainya sudah di definisikan, sedangkan contoh program jika kita ingin meng-input nilai - nilai tersebut kemudian menampilkannya adalah sebagai berikut:

#include<stdio.h>

void main(){
int nilai[5];
int nilai_balik[5];
int n = 5, i, j;

for(i = 0; i < n; i++){
printf("nilai[%i] = ", i);
scanf("%i", &nilai[i]);
}

printf("\n");
for(i = 0; i < n; i++){
printf("nilai[%i] = %i\n", i, nilai[i]);
}


//menampilkan nilai array secara terbalik
j = n - 1;
for(i = 0; i < n; i++){
nilai_balik[j] = nilai[i];
j--;
}

printf("\n");
for(i = 0; i < n; i++){
printf("nilai_balik[%i] = %i\n", i, nilai_balik[i]);
}

}
Jika anda me-run program di atas maka selain menginput dan menampilkan nilai array, program juga akan menampilkan nilai array secara terbalik.

Selamat mencoba, mudah - mudahan makin tertarik belajar bahasa pemrograman C.
SEA GAMES akan kembali digelar untuk ke-26 kalinya, pada tahun 2011 ini Indonesia menjadi tuan rumahnya. SEA GAMES 2011 ini akan berlangsung selama 12 hari mulai dari tanggal 11 - 22 November 2011 di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang.

Indonesia ikut SEA GAMES sejak tahun 1977 dan telah menjadi juara sebanyak 9 kali yaitu pada tahun:
  1. 1977 - Kuala Lumpur, 62 Emas, 41 Perak, 34 Perunggu.
  2. 1979 - Jakarta, 92 Emas, 78 Perak, 52 Perunggu.
  3. 1981 - Manila, 85 Emas, 73 Perak, 56 Perunggu.
  4. 1983 - Singapura, 64 Emas, 67 Perak, 54 Perunggu.
  5. 1987 - Jakarta, 185 Emas, 13 Perak, 59 Perunggu.
  6. 1989 - Kuala Lumpur, 102 Emas, 78 Perak, 71 Perunggu.
  7. 1991 - Manila, 92 Emas, 86 Perak, 69 Perunggu.
  8. 1993 - Singapura, 88 Emas, 81 Perak, 84 Perunggu.
  9. 1997 - Jakarta, 194 Emas, 101 Perak, 115 Perunggu.
Kita semua berharap tahun ini Indonesia bisa mengulang sukses dengan memperoleh medali terbanyak pada ajang bergengsi se-Asia Tenggara ini yang diikuti oleh 11 negara yaitu: Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam.
Masyarakat Indonesia juga pasti menginginkan tim kesebelasan kebanggaan mereka bisa ikut serta bahkan bisa memperoleh medali emas, semoga saja kisruh yang terjadi di PSSI tidak membawa dampak yang buruk bagi tim. Ayo kita dukung terus atlit-atlit Indonesia agar menjadi juara
Hari ini teringat kembali akan blog yang sudah lama tidak dilihat, hahaha. Sepertinya ingin ganti template, pikir - pikir template apa kira-kira yang menarik. Dan pilihan jatuh di template coffee, hehe.. Memang minuman ini bisa menjadi teman yang menyenangkan pada waktu kapan pun, entah itu pagi, siang, atau malam sekalipun, tetapi kalau malam hari saya jarang minum kopi, karena takutnya akan mengganggu jam tidur.

Lucu dengar obrolan tadi pagi di Metro TV, nara sumber berasal dari ICW, dia mengatakan kalau kita ini memiliki pemimpin yang hanya bisa mengeluh, bahkan dia mengeluh hanya karena sms gelap, hahaha .. =)) .. Beliau juga bilang, harusnya Pak Pemimpin lebih mengurusi banyaknya pelanggaran korupsi di negeri ini dibandingkan hanya masalah kecil seperti itu.

Lalu apa hubungannya dengan kopi .,? hehe ,, memang tidak ada hubungannya, tapi saya mengandaikan kalau saja mereka ngobrol bareng sambil minum kopi pasti suasana akan terasa lebih akrab, dan tidak saling menyalahkan, hahaha...

Selamat menikmati kopi Anda, :)