Apa itu NSICCS ..?


National Standard Indonesia Chip Card Specification (NSICCS) adalah standar spesifikasi kartu chip yang ditetapkan di Indonesia. Sesuai Surat Edaran Bank Indonesia nomor 13/22/DASP tanggal 18 Oktober 2011, NSICCS ini direncanakan diimplementasikan selambatnya tanggal 31 Desember 2015, sehingga terhitung sejak tanggal 1 Januari 2016, Indonesia telah selesai melakukan migrasi ke Kartu ATM dan/atau Debit berbasis Chip.
(http://www.teknologibank.com/berita-implementasi-nsiccs-di-indonesia.html#ixzz3Ux2xoBGM).

Saat ini kartu bank umumnya terdiri dari dari kartu magnetik (kartu ATM debit), kartu Chip (kartu kredit), kartu contactless (prepaid). Dengan diterapkannya NSICCS maka nanti ke depannya kartu ATM debit tidak lagi menggunakan Magnetic Stripe tapi sama dengan kartu kredit saat ini yaitu menggunakan teknologi Chip untuk lebih meningkatkan keamanan.

Sertifikasi NSICCS

Untuk sertifikasi NSICCS Bank Indonesia telah mendirikan PT Citra Bakti Indonesia (CBI) dengan memberikan jasa sertifikasi bagi pemasok kartu, terminal ATM/Debit dan fasilitas perso independen. Pada situs http://cbindonesia.co.id kita juga bisa melihat institusi yang sudah melakukan sertifikasi baik itu smart card, atm / edc, host switching.

0 Responses

Posting Komentar