Sumber Gambar: Viventis Search Asia indonesia

Dalam salah satu episode Mario Teguh Golden Ways beliau pernah menanyakan kepada para audience "Lebih baik mana, membayangkan kegagalan atau mengalami kegagalan ..?" dan memang kebanyakan audience lebih memilih mengangkat tangan pada opsi mengalami kegagalan. Jika kita sebatas membayangkan kegagalan artinya belum ada tindakan apa-apa yang kita lakukan, sebaliknya saat mengalami kegagalan berarti kita sudah melakukan suatu tindakan, sudah ada pengalaman yang kita peroleh dan apakah kegagalan itu bisa diperbaiki ..? Jawabannya pasti bisa. Beliau juga berpesan "Kalau begitu alami lah kegagalan jangan hanya di bayangkan, tanya kepada banyak orang berhasil apakah mereka bebas dari kegagalan .,? Mereka pasti berkata I succeed because I fail so many time dan saya mengambil kekuatan dari kegagalan saya tersebut".

Salah satu contoh yang banyak dikaitkan dengan banyaknya kegagalan adalah  saat di mana Thomas Alva Edison menemukan lampu pijar. Thomas Alfa Edison mengalami kegagalan sebanyak 10.083 kali,  sebelum akhirnya berhasil menciptakan lampu pijar yang benar-benar menyala terang dan kini ada di setiap rumah atau gedung di dunia ini. Dan beliau pernah berkata "Dengan kegagalan tersebut, saya malah mengetahui ribuan cara lampu tidak menyala".

Howard Schultz juga pernah berkata “Aku tidak bisa memberikan resep kesuksesan secara pasti. perencanaan yang matang memang dibutuhkan jika ingin sukses dalam bisnis. Tapi pengalaman mengajarkanku bahwa lebih mungkin jika kesuksesan yang diawali dengan kegagalan akan memberikan banyak dari yang kita impikan”. Kalau bos Starbucks ini menyerah ketika ditolak proposal pinjamannya sama bank mungkin kita ga bakal bisa nongkrong sambil minum kopi di kedai Starbucks. Begitu pun dengan film Harry Potter yang sangat menarik ceritanya tidak bisa kita tonton jikalau J.K Rowling menyerah saat buku karangannya ditolak oleh banyak penerbit.

If you gave up to soon, you'll never know what you'll be missing
Do your best and never give up


0 Responses

Posting Komentar